Factor Viii

Posted by Ganas003 on Oktober 01, 2019 in



Nama Generik: Factor ViiiMerek: 8Y, Aafact, Haemoctin, Koate-DVI dan Kogenate FS.

Penggunaan

Untuk apa factor viii?

Obat ini dipakai untuk mengontrol dan mencegah perdarahan yang terjadi pada orang (biasanya laki-laki) dengan kondisi medis yang diwariskan, hemofilia A (rendahnya tingkat faktor VIII). Obat  ini juga diberikan sebelum operasi untuk mencegah perdarahan terlalu banyak pada orang dengan kondisi ini. Faktor VIII yaitu protein (faktor pembekuan) yang ada di dalam darah normal, dan membantu bentuk gumpalan darah dan menghentikan perdarahan sesudah cedera. Orang dengan kadar faktor VIII rendah mungkin berdarah lebih usang dari orang normal sesudah cedera/operasi dan mungkin mengalami perdarahan dalam tubuh (terutama pada sendi dan otot). Obat ini mengandung faktor VIII (faktor antihemophilic) buatan insan untuk menggantikan sementara faktor VIII dalam tubuh, terhubung ke antibodi (immunoglobulin) yang membantu faktor VIII buatan insan bekerja lebih lama. Ketika dipakai untuk mengontrol dan mencegah perdarahan, obat ini sanggup membantu meringankan rasa sakit dan kerusakan jangka panjang yang disebabkan oleh hemofilia A.
Obat ini dilarang dipakai untuk mengobati penyakit von Willebrand.

Bagaimana cara penggunaan factor viii?

Obat ini diberikan melalui suntikan ke pembuluh darah menyerupai yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya tidak lebih cepat dari 10 mililiter per menit. Waktu injeksi mungkin berbeda, tergantung pada takaran Anda dan bagaimana tubuh Anda menanggapinya.
Setelah pertama kali mendapatkan obat ini di klinik atau rumah sakit, beberapa orang mungkin sanggup memperlihatkan obat ini untuk diri mereka sendiri di rumah. Jika dokter Anda mengarahkan Anda untuk memakai obat ini di rumah, baca dan pelajari semua persiapan dan penggunaan dalam petunjuk pada paket produk. Pelajari cara untuk menyimpan dan membuang persediaan medis dengan aman. Jika Anda mempunyai pertanyaan, tanyakan pada hebat kesehatan.
Jika obat dan solusi yang dipakai untuk adonan sudah didinginkan, keluarkan obat tersebut dari kulkas dan biarkan beberapa waktu hingga obat tersebut mencapai suhu kamar sebelum pencampuran. Setelah pencampuran, aduk dengan lembut untuk benar-benar larut. Jangan di goyang. Sebelum memakai obat ini, periksa secara visual untuk partikel atau perubahan warna. Jika ada kejanggalan, jangan memakai cairan. Gunakan adonan obat sesegera mungkin, tetapi tidak lebih dari 3 jam sesudah pencampuran. Jangan mendinginkan adonan obat.
Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda, berat badan, hasil tes darah, dan respon terhadap pengobatan. Anak-anak lebih muda dari 6 tahun mungkin perlu takaran yang lebih tinggi. Ikuti petunjuk dokter dengan hati-hati.
Beritahu dokter jikalau kondisi Anda tidak membaik atau bahkan memburuk.

Bagaimana cara penyimpanan factor viii?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya eksklusif dan kawasan yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin mempunyai hukum penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan belum dewasa dan binatang peliharaan.                            
Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke jalan masuk pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diharapkan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara kondusif membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana takaran factor viii untuk orang dewasa?

Melalui pembuluh darah
Episode Pengobatan dan Profilaksis Perdarahan Pada Pasien Dengan Hemofilia A
Dewasa: Dosis individual berdasarkan tes koagulasi yang dilakukan sebelum pengobatan dan secara bersiklus selama pengobatan. Umumnya, 1 IU/kg akan meningkatkan tingkat peredaran faktor  VIII sekitar 2 IU/dL. Rekomendasi takaran bervariasi sesuai dengan persiapan yang digunakan. takaran yang disarankan: perdarahan ringan-sedang (meningkat menjadi 20-30% dari normal): Biasanya dengan takaran tunggal 10-15 unit/kg; perdarahan yang lebih serius atau operasi kecil (kenaikan 30-50% dari normal): takaran awal 15-25 unit/kg diikuti oleh 10-15 unit/kg setiap 8-12 jam jikalau diperlukan; perdarahan berat atau operasi besar (kenaikan ke 80-100% dari normal): takaran awal biasa 40-50 unit/kg diikuti oleh 20-25 unit/kg setiap 8-12 jam. Lihat informasi produk individu untuk rincian takaran lebih lanjut.
Melalui pembuluh darah
Profilaksis  hemofilia A berat
Dewasa: 10-50 u/kg setiap 2-3 hari, sesuai kebutuhan.

Bagaimana takaran factor viii untuk anak-anak?

Dosis Normal untuk Anak-Anak Penderita Hemofilia A
Profilaksis rutin untuk mencegah atau mengurangi frekuensi perdarahan:
Usia hingga 16 tahun: 20 hingga 40 IU per kg setiap hari (3 hingga 4 kali seminggu). Atau, rejimen takaran setiap tiga hari sekali ditargetkan untuk mempertahankan tingkat Factor VIII lebih besar dari 1% sanggup digunakan.
Dosis yang diharapkan untuk mempertahankan tingkat plasma terapi didasarkan pada episode perdarahan aktif:
Meskipun takaran individual harus sesuai dengan kebutuhan pasien (berat badan, tingkat keparahan perdarahan, kehadiran inhibitor), takaran umum berikut ini disarankan: Jumlah Antihemophilic Factor IU diharapkan = (berat tubuh (dalam kg) xpeningkatan Factor VIII yang diinginkan (% normal)) x 0,5
atau
perdarahan kecil (perdarahan dangkal, perdarahan awal, perdarahan ke dalam sendi): Tingkat plasma therapeutik yang diharapkan pada acara Factor VIII yaitu 20% hingga 40% dari normal, diulang setiap 12 hingga 24 jam yang diharapkan hingga selesai. (Setidaknya 1 hari, tergantung pada tingkat keparahan episode perdarahan.)
Moderat (perdarahan ke otot, stress berat kepala ringan, perdarahan ke dalam rongga mulut): Tingkat plasma therapeutik yang diharapkan pada acara Antihemophilic Factor VIII yaitu 30% hingga 60% dari normal, diulang setiap 12 hingga 24 jam selama 3-4 hari atau hingga hemostasis lokal tercapai.
Mayor (perdarahan gastrointestinal, intrakranial, perdarahan intra abdominal atau intrathoracic, patah tulang): Tingkat plasma therapeutik yang diharapkan pada  aktivitas Antihemophilic Factor VIII yaitu 60% hingga 100% dari normal, diulang setiap 8 hingga 24 jam hingga perdarahan teratasi, selesai, atau di kasus operasi, hingga hemostasis lokal yang memadai dan penyembuhan luka tercapai.

Dalam takaran apakah factor viii tersedia?

Faktor VIII disediakan dalam kit sekali pakai (4 ukuran mL, kering) yang mencakup botol yang berisi nominal 250, 500, 1000, 1500 atau 2000 IU.

Efek Samping

Efek samping apa yang sanggup dialami lantaran factor viii?

Efek samping yang umum termasuk sakit tenggorokan, batuk, pilek; demam atau menggigil; mual ringan, muntah; rasa yang tidak biasa atau tidak menyenangkan di lisan Anda; gatal kulit atau ruam; kehangatan, kemerahan, gatal, atau kesemutan di bawah kulit Anda; nyeri sendi atau bengkak; pusing; sakit kepala; atau bengkak, sensasi sengatan, atau iritasi di mana injeksi diberikan.
Dapatkan proteksi medis darurat jikalau Anda mempunyai gejala dari reaksi alergi berikut: gatal-gatal; sulit bernafas; merasa pusing, pingsan; pembengkakan wajah Anda, bibir, lidah, atau tenggorokan.
Berhenti memakai faktor antihemophilic rekombinan dan hubungi dokter Anda segera jikalau Anda mempunyai imbas samping yang serius seperti:
  • nyeri dada
  • mudah memar, peningkatan perdarahan
  • perdarahan dari luka atau di mana obat disuntikkan
Efek samping yang kurang serius mungkin termasuk:
  • sakit tenggorokan, batuk, pilek
  • demam atau menggigil
  • mual ringan, muntah
  • perasaan tidak yummy atau tidak biasa di lisan Anda
  • gatal kulit atau ruam
  • sensasi kehangatan, kemerahan, gatal, atau kesemutan di bawah kulit Anda
  • nyeri sendi atau pembengkakan
  • pusing
  • sakit kepala
  • pembengkakan, sensasi menyengat, atau iritasi di mana injeksi diberikan
Tidak semua orang mengalami imbas samping ini. Mungkin ada beberapa imbas samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda mempunyai kekhawatiran perihal imbas samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum memakai factor viii?

Sebelum pemberian faktor antihemophilic (manusia), beri tahu dokter dan apoteker jikalau Anda pernah mengalami reaksi terhadap faktor antihemophilic atau jikalau Anda alergi terhadap obat-obatan. Beri tahu dokter dan apoteker apa resep dan obat yang Anda gunakan, terutama asam aminokaproat (Amicar), antikoagulan ( ‘pengencer darah’) menyerupai warfarin (Coumadin), kortikosteroid (misalnya prednisone), siklofosfamid (Cytoxan) nonprescription, siklosporin ( Neoral, Sandimmune), heparin atau heparin berat molekul rendah (Lovenox, Normiflo), interferon alfa (Roferon-A, Intron), vincristine (Oncovin), vitamin K, dan vitamin lainnya.
Beri tahu dokter Anda jikalau Anda sedang hamil, merencanakan kehamilan, atau menyusui. Jika Anda hamil sewaktu mengambil faktor antihemophilic (manusia), hubungi dokter Anda.
Jika Anda menjalani operasi, termasuk operasi gigi, berit ahu dokter atau dokter gigi bahawa Anda memalai faktor antihemophilic (manusia), sebelum operasi atau mekanisme operasi.
Anda harus tahu faktor antihemophilic (manusia) dibentuk dari plasma manusia. Ada risiko bahwa faktor antihemophilic (manusia) mungkin berisi virus immunodeficiency (HIV) atau virus yang sanggup menimbulkan hepatitis. Bicarakan dengan dokter Anda perihal risiko potensi minum obat ini.

Apakah factor viii kondusif untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum memakai obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C berdasarkan US Food and Drugs Administration (FDA).
Berikut rujukan kategori risiko kehamilan berdasarkan FDA :
  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti nyata dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui
Studi pada perempuan memperlihatkan bahwa obat ini menjadikan risiko minimal untuk bayi ketika dipakai selama menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan factor viii?

Interaksi obat sanggup mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko imbas samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti takaran obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Apakah masakan atau alkohol sanggup berinteraksi dengan factor viii?

Obat-obatan tertentu dilarang dipakai pada dikala makan atau dikala makan masakan tertentu lantaran interaksi obat sanggup terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga sanggup menimbulkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang sanggup berinteraksi dengan factor viii?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki sanggup memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jikalau Anda mempunyai problem kesehatan lain, terutama:
  • penggumpalan darah  atau riwayat problem medis yang disebabkan oleh gumpalan – gunakan darah dengan hati-hati. Kondisi ini sanggup meningkatkan risiko terjadinya pembekuan darah
  • dapat meningkat lantaran abolisi lebih lambat dari obat dari tubuh

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu takaran obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu takaran berikutnya, lewati takaran yang terlupakan dan kembali ke acara takaran yang biasa. Jangan meniru dosis.