6 Gejala Lupus yang Kerap Dialami oleh Para Wanita

Posted by Ganas003 on November 03, 2019 in , , ,


Penderita lupus sebagian besar didominasi oleh para wanita. Wanita lebih cenderung mengidap lupus dibandingkan pria, karena hormon estrogen pada wanita merupakan salah satu hal faktor yang meningkatkan risiko terjangkit lupus. Semakin tinggi kadar estrogen dalam tubuh, maka semakin tinggi risiko menderita lupus. Pada wanita sendiri, gejala lupus berikut ini sering kali dialami.
1.   Rasa Nyeri dan Sakit pada Persendian
Para penderita lupus kerap kali merasakan nyeri dan sakit di persendian mereka, khususnya di saat pagi hari. Nyeri sendi ini umumnya dirasakan di bagian pergelangan tangan, buku jari, serta jari. Tak jarang, nyeri dan sakit pada persendian ini juga diikuti oleh munculnya pembengkakan di area sendi tersebut. Gejalanya satu ini hampir sama dengan gejala penyakit artritis reumatoid.
2.   Ruam Kemerahan di Bagian Wajah
Ruam kemerahan yang dipicu oleh penyakit lupus, berbeda dengan ruam kemerahan yang biasa muncul. Ruam kemerahan yang disebabkan oleh lupus berbentuk seperti sayap kupu-kupu, sehingga disebut dengan butterfly-shaped rash. Khusus untuk ruam kemerahan dengan bentuk ini, akan terlihat di bagian wajah, yaitu kedua belah pipi.
3.   Sesak Napas Disertai dengan Nyeri di Dada
Salah satu organ penting tubuh yang dirusak oleh penyakit lupus adalah paru-paru. Akibatnya, penderita lupus berisiko mengalami sesak napas, serta terkadang disertai dengan rasa nyeri di bagian dada. Kondisi ini terjadi karena penyakit lupus menyerang sekat pada paru-paru, sehingga cairan di dalamnya meluber dan memenuhi semua bagian pada paru-paru.
4.   Urine yang Berwarna Gelap
Urine yang berwarna gelap merupakan salah satu gejala lupus yang menandakan bahwa penyakit tersebut telah menyebabkan kerusakan pada ginjal. Peradangan pada ginjal akibat lupus, membuatnya tak bisa berfungsi dengan baik dalam menyaring cairan dalam tubuh. Akibatnya, urine yang seharusnya berwarna bening hingga kekuningan, malah berubah menjadi kehitaman.
5.   Anemia
Penyakit lupus bisa menyebabkan penderitanya mengalami anemia atau kekurangan darah. Terdapat banyak elemen darah, yang bisa terkena efek buruk dari penyakit lupus yang diderita. Anda pun juga harus tahu bahwa lupus berefek buruk pada sistem kekebalan tubuh, yang dibangun oleh sel-sel darah. Antibodi bisa menyerang sel darah, menyebabkan jumlahnya berkurang.
6.   Kelelahan
Bagi Anda yang super sibuk, kelelahan tentu saja menjadi hal yang wajar. Apalagi jika waktu istirahat Anda hampir tak ada, karena sibuk dengan pekerjaan. Namun, jika sekiranya kelelahan itu muncul bersamaan dengan gejala lupus yang telah dipaparkan sebelumnya, Anda patut merasa waspada. Segera temui dokter untuk mengetahui kondisi tubuh Anda sebenarnya.
Itulah tadi 6 gejala lupus yang terutama sekali kerap dialami oleh para wanita. Dikarenakan risiko wanita terpapar lupus lebih tinggi dibandingkan pria, para wanita tentu saja harus lebih aware akan gejala penyakit ini. Jangan abaikan begitu saja gejala ringan yang muncul, karena bisa jadi saat itu sistem kekebalan tubuh telah menyebabkan peradangan di organ tubuh.