7 Manfaat Melakukan Pencatatan Keuangan Harian dalam Berbisnis

Posted by Ganas003 on April 20, 2021 in , ,

Seorang pebisnis tentunya perlu mengetahui bagaimana mengatur keuangan dari bisnis yang dijalankan agar tidak mengalami kebangkrutan. Pencatatan keuangan harian yang dilakukan dengan sistematis akan sangat membantu mengendalikan keuangan. Berikut ini manfaat yang akan didapatkan dengan melakukan pencatatan keuangan.

1.        Kunci Pengendalian Keuangan

Pencatatan keuangan secara jelas dan sistematis akan menjadi kunci pengendalian keuangan agar melakukan transaksi uang keluar sesuai kebutuhan saja. Uang yang terkendali keluarnya tentu akan mencegah dana keluar tanpa ada keperluan dan meminimalisir biaya operasional.

2.        Melihat Progres Usaha

Manfaat melakukan pencatatan keuangan sangat membantu untuk melihat perkembangan usaha yang dijalankan beruntung atau rugi. Dari sini juga bisa dipantau kinerja dari para pekerja sudah sesuai dengan target atau belum.

Jika tidak adanya pencatatan yang jelas maka Anda tidak bisa mengukur seberapa besar perkembangan usaha yang dijalankan. Lengkapi pencatatan dengan grafik akan membuat Anda lebih mudah untuk membaca progres usaha yang dijalankan secara berkala.

3.        Pelaporan Pajak

Usaha yang dijalankan secara resmi tentunya memiliki izin pajak. Pencatatan keuangan harian yang tentunya akan membantu keuangan bulanan menjadi lebih mudah terdatanya sangat bermanfaat untuk pelaporan pajak.

Anda tidak akan pusing di akhir tahun untuk pencatatan keuangan karena sudah diatur secara harian tinggal mengumpulkannya menjadi satu. Perhitungan neraca rugi laba untuk pembayaran pajak pun akan lebih jelas dan mudah dilakukan.

4.        Dasar Pengambilan Keputusan

Pencatatan keuangan juga memiliki manfaat sebagai dasar pengambilan keputusan di dalam usaha yang dijalankan. Anda bisa mengevaluasi target dan memperbaharuinya sesuai dengan kebutuhan usaha.

Di mana ini untuk mencegah terjadinya gulung tikar atas usaha yang dijalankan. keputusan yang diambil pun akan bijaksana dengan langkah yang tepat. Bisnis pun bisa terus maju sekalipun menghadapi banyak masalah atau tantangan.

5.        Pengajuan Pinjaman

Setiap yang menjalankan usaha tentu tidak ingin mengalami kerugian, namun risiko ini tetap saja ada. Ternyata pencatatan keuangan yang rapi bisa sangat membantu saat Anda ingin melakukan pengajuan pinjaman. Ini akan menjadi penilaian dari pihak pemberi pinjaman untuk melihat stabilitas usaha yang dijalankan akan sanggup untuk mengembalikan pinjaman atau tidak.

6.        Meminimalisir Pengeluaran Absurd

Anda akan kesulitan melakukan evaluasi jika pengeluaran tidak tercatat dengan rapi karena tidak tahu di mana permasalahan terjadi. Pencatatan keuangan secara harian akan sangat membantu meminimalisir pengeluaran absurd. Pencatatan secara realtime akan membuat datanya menjadi lebih akurat.

7.        Perencanaan Matang

Percaya atau tidak pencatatan keuangan yang dilakukan dengan baik akan membantu Anda ke depannya untuk melakukan perencanaan secara matang. Pertimbangan dari hasil pencatatan keuangan yang lalu akan membuat Anda mampu menganalisa kekurangannya di mana. Setiap komponen yang dijalankan di dalam usaha akan dipikirkan agar tidak mengalami kerugian.

Saat perencanaan matang maka Anda bisa bersaing dengan lingkup yang lebih besar. Misalnya saja perencanaan tentang bahan baku yang akan digunakan agar bisa lebih hemat tetapi tidak mengurangi kualitas. Selain itu perencanaan tentang strategi pemasaran agar bisa meningkatkan penjualan sehingga kondisi keuangan menjadi lebih baik.

Keberhasilan sebuah usaha tentunya dengan kondisi keuangan yang stabil dan terus mengalami peningkatan. Anda yang baru memulai usaha membutuhkan bantuan tenaga ahli atau bisa dengan menggunakan aplikasi Bukuwarung yang akan membantu Anda melakukan evaluasi usaha karena laporan yang dibuat dengan aplikasi ini akurat dan tersistem sesuai dengan kebutuhan.