5 Fakta Unik Tentang Kisah Nabi Musa

Posted by Ganas003 on April 26, 2021 in ,


Selain mengajarkan anak untuk beribadah. Menceritakan kisah-kisah nabi dan rasul juga bisa menjadi pilihan dalam mengenalkan suri tauladan untuk anak. Ada banyak cerita yang bisa Anda ambil. Misalnya saja kisah Nabi Musa yang membelah Laut Merah saat melawan Raja Firaun. Untuk lebih jelasnya, berikut ini fakta-fakta dari perjalanan hidup Nabi Musa.

1. Kisah Nabi Musa ada dalam Al-Quran

Dalam Al-Quran, nama Nabi Musa muncul sebanyak 136 kali. Di sana dijelaskan bagaimana kisah perjalanan Nabi Musa yang membuatnya mendapat mukjizat dari Allah SWT. Diketahui bahwa Allah SWT tidak menyukai tindakan sewenang-wenang atau tindakan yang menindas orang lain.

Oleh karena itu, Allah SWT memerintahkan Nabi Musa untuk berperang melawan raja yang berkuasa saat itu, yaitu Raja Firaun. Yang merupakan raja zalim di mesir yang memerintah rakyatnya dengan semena-mena dan mengaku-ngaku sebagai Tuhan.

2. Rasul Ulul Azmi

Sebagaimana dijelaskan dalam ayat 35 Surat Al-Ahqaf dan ayat 13 Asy-Syura, gelar ulul azmi yang melekat pada Nabi Musa merupakan gelar khusus bagi seorang rasul terpilih yang memiliki ketabahan luar biasa. Sifat inilah yang bisa Anda ajarkan dalam parenting islami untuk anak Anda.

Ada lima rasul yang mendapat gelar ini, yaitu Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi Isa, Nabi, Muhammad dan juga Nabi Musa. Apalagi Nabi Musa juga salah satu nabi yang menerima kitab itu, yaitu Taurat.

3. Diperintah untuk Menyelamatkan Kaumnya dari Kezaliman

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Nabi Musa mendapat perintah dari Allah SWT untuk menyelamatkan umatnya dari kezaliman raja saat itu. Dimana raja Firaun, yang memimpin saat itu, dan menganggap dirinya sebagai Tuhan.

Arogansi dan kekejaman Raja Firaun membuat orang-orang di sekitarnya ketakutan dan harus tunduk padanya. Bahkan, Raja Firaun tidak segan-segan membunuh anak laki-laki yang dianggap mengganggu kerajaannya.

Selain itu, dalam Al-Quran juga dikatakan bahwa ketika Nabi Musa masih kecil, sang ibu diceburkan ke sungai Nil agar tidak dibunuh oleh tentara dan pengawal Raja Firaun. Tindakan ibu bersama Nabi Musa saat itu merupakan ilham dari Allah SWT untuk menyelamatkan sang buah hati.

Di perairan Sungai Nil, istri Raja Firaun menemukan nabi Musa suci dan bersinar. Keluarga Firaun mengadopsi nabi Musa dan tumbuh menjadi orang dewasa yang sangat cerdas. Ketika sudah dewasa, Nabi Musa memutuskan untuk hijrah dan meninggalkan Mesir dan pergi ke Madyan dan menikah dengan salah satu anak Nabi Syu’aib.

4. Menerima Mukjizat dari Allah SWT

Setelah hampir 10 tahun tinggal bersama istrinya di Madyan, Nabi Musa dan istrinya meminta izin Nabi Shu'aib untuk kembali ke Mesir. Di tengah perjalanan, Nabi Musa melihat cahaya yang bersinar di Gunung Sinai.

Di sinilah Nabi Musa menerima wahyu pertama dari Allah SWT dan menunjukkan kepadanya keajaiban mengubah tongkat menjadi ular dan dada yang bercahaya. Allah SWT juga menugaskan Nabi Musa untuk memperingati Firaun dan para pengikutnya.

Sesampai di Mesir, Nabi Musa mengajak masyarakat setempat untuk beribadah kepada Allah SWT dan berbuat kebaikan. Namun, tindakan mulia ini membuat marah raja. Masih dalam pendiriannya, Allah SWT akhirnya menghukum Firaun dengan kemarau panjang yang mengakibatkan kelaparan, angin topan, belalang, kutu, katak, bahkan darah bagi Firaun.

5. Membelah Laut Merah

Setelah menerima berbagai macam siksaan dari Allah SWT, Raja Firaun tidak pernah bertaubat. Maka Nabi Musa dan para pengikutnya memutuskan untuk meninggalkan Mesir. Tak mau berdiam saja, Raja Firaun terus mengikuti kepergian Nabi Musa dan para pengikutnya ke tengah laut.

Di sana, Allah SWT memerintahkan Nabi untuk menancapkan tongkatnya ke air laut, dan tongkat itu membelah laut menjadi dua bagian. Inilah mukjizat Nabi Musa paling terkenal yang bisa membelah Laut Merah dan mengalahkan Raja Firaun dan para pengikutnya.

Ketika mereka berhasil membelah laut, Nabi Musa dan para pengikutnya menyeberangi dasar laut yang kering, dan ketika mereka sampai di darat, Allah SWT mengembalikan laut tersebut ke keadaan semula, sehingga Raja Firaun dan para pengikutnya tenggelam ke dasar laut.

Ini dia 5 fakta dalam kisah Nabi Musa dengan keajaiban terkenal yang mampu membelah Laut Merah dan berperang melawan Raja Firaun. Selain itu Anda juga bisa menjadikan kisah untuk mengajarkan ketabahan bagi anak Anda.